Saturday, March 24, 2018

Jangan iri!

"Kaya gini masih ada yang ngiriin ya, Bro..", Penggalan obrolan gue dengan temen gue yang juga berprofesi dosen di sebuah kampus.

Obrolan bermula dari cerita dia yang lagi berkunjung ke Malang dilanjut dengan kesibukan kami masing-masing saat ini. Cerita mengalir ke apa yang sering gue post di media sosial, baik di medsos yang kekinian maupun yang udah ga kekinian, termasuk friendster dan plurk. Hahaha. Selain sempet nanyain kenapa sekarang jarang nulis dan tulisan gue udah mengalami perubahan, dia cerita soal gimana hidup dan apa yang terjadi di sekitarnya..

Hmmhh..

Bertahun udah gue jalani, banyak kejadian yang jadi kenangan dan sering mengendap entah di loker memori yang mana. Kata-kata dia tadi sukses bikin gue senyum-senyum sendiri dan bikin pikiran kemana-mana. Gue sadar, bahwa gimanapun kita, pasti bakal ada aja orang yang komen. Mau kita baik ya dikomenin, baik aja dikomenin apa kabarnya kalo jelek ya? Hahaha.

Bro, sadar ga sadar hidup ini memang keras lho, dan kita harus terus ngelewatin banyak tahapan dalam hidup, plus ketemu dengan makin banyak orang. Dalam proses ketemu dengan orang baru, bakal ada dua kemungkinan, mereka bakal ninggalin pelajaran atau justru bertahan buat bikin kenangan. Hehe.

Ya ibarat jalan raya yang dijadiin sarana buat kita menuju suatu tempat, dalam suatu waktu kita bakal singgah, ke pom bensin buat isi bahan bakar atau numpang pipis misalnya. Hehe. Yaaahh, namanya juga singgah ya ga bakal lama-lama kan? Kadang di waktu kita mampir itu, kita bakal nyisain memori sama tu tempat, toiletnya bersih, pelayannya unyu, harganya mahal, atau mungkin justru ga ngebekas apa-apa di ingatan kita karena memang ga ada yang istimewa. Ga jarang juga kita bakal nemuin orang-orang yang sekedar berlalu lalang di dalam hidup alias ga bertahan lama. Seberapapun banyak yang berlalu lalang sepanjang perjalanan itu, ga bakalan lepas dari hal baik ataupun buruk. Kemungkinan lain adalah, dalam perjalanan kemungkinan ada yang ngalamin musibah atau kecelakaan, tapi itu hal yang biasa, yang penting adalah jangan nyari masalah selama perjalanan. Ehehe.

Sebaik apapun kita menjalani hidup, bakal selalu ada yang menilai kita, ntah itu negatif atau positif. Mungkin juga yang netral atau bahkan ga peduli. Apapun itu, itu hak mereka dan hak masing-masing dari kita bagaimana menyikapinya. Buat gue, apapun yang gue lakuin dan apapun penilaian orang lain ke gue, terpenting adalah gue harus be my-best-self. Iya, kita harus jadi versi terbaik dari diri kita dalam perjalanan menuju tujuan akhir. Mengenai apa yang kita hadapi selama dalam perjalanan itu hal yang lumrah terjadi, mau diomongin jelek itu udah biasa yang penting jadiin aja bahan introspeksi diri, mau diomongin bagus ya disyukuri dan jangan mudah membumbung tinggi karena semakin tinggi jatuhnya semakin sakit. Hehehe.

Komenan orang lain untuk itu biasa banget, jadi jangan heran kalau dikomen A B C D bahkan E dalam hal apapun. Paling utama adalah, kita bisa menyikapi dengan baik apapun yang terjadi. Orang lain ga harus tau kok strugglenya kita itu gimana. Mereka cukup jadi penonton, soal bukti cukup mereka tau nanti pas liat hasilnya.. Hehehe.

Kapan-kapan gue ceritain soal mereka. Stok cerita banyak banget ternyata!
Img src: dokumen pribadi

"Yang bakal diinget itu yang istimewa, Pak. Jadi memang harus luar biasa atau gajelas sekalian buat bisa diinget buat selamanya..", - Mr. J.

--
Jati

Ps. Hari ini mulai bebongkaran kolam buat pembangunan Jatimas tahap III dong! Hehe. Ujan-ujanan hajar ajaa!!
Pps. Hari ini udah abis dua cangkir kopi, limit gue, tapi ini pengen nambah lagi. Pusing atau migrain dikit gapapa lah yaa. :))

No comments:

Post a Comment